Welcome Guest | RSS

My Menu

Calendar
«  Juni 2011  »
SuMoTuWeThFrSa
   1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930

CATEGORY

Recent News

Iklan

Main » 2011 » Juni » 16 » MPLS (Multi Protocol Label Switching)
21.11
MPLS (Multi Protocol Label Switching)


MPLS adalah arsitektur network yang menggabungkan kinerja dan mekanisne label swapping Layer 2(layer Data link) dengan kemampuan routing layer 3 (layer Network). Network MPLS terdiri atas sirkit yang di sebut Label-switched path (LSP) yang menghubungkan titik-titik yang di sebut Label Switched Router (LSR) LSR pertama dan terakhir di sebut ingress dan egress. Setiap LSP dikaitkan dengan sebuah forwarding equivalence class (FEC), yang merupakan kumpulan paket yang menerima perlakukan forwarding yang sama di sebuah LSR. FEC diidentifikasikan dengan pemasangan label.

Untuk membentuk LSP, diperlukan suatu protokol persinyalan. Protokol ini menentukan forwarding berdasarkan label pada paket. Label yang pendek dan berukuran tetap mempercepat proses forwarding dan mempertinggi fleksibilitas pemilihan path. Hasilnya adalah network datagram yang bersifat lebih connection-oriented

Router dalam melakukan pengambilan keputusan ditentukan oleh semua sumber informasi yang dapat dikerjakan oleh sebuah label switching dengan melihat nilai suatu label yang panjangnya tertentu. Tabel ini biasa disebut Label Forwarding Information Base (LFIB). Sebuah label akan digunakan sebagai sebuah indeks suatu node dan akan digunakan untuk memutuskan tujuan selanjutnya, dengan pergantian label di dalam node tersebut. Label lama digantikan oleh label baru, dan paket akan dikirimkan ke tujuan selanjutnya. Karenanya sebuah label switching akan membuat pekerjaan router dan switch menjadi lebih mudah dalam menentukan pengiriman suatu paket. MPLS ini akan memperlakukan switch-switch sebagai suatu peer-peer, dan mengontrol feature yang secara normal hanya dapat berjalan di jaringan ATM. Dalam jaringan MPLS sekali suatu paket telah dibubuhi "label”, maka tidak perlu lagi terdapat analisa header yang dilakukan oleh router, karena semua pengiriman paket telah dikendalikan oleh label yang ditambahkan tersebut. Struktur jaringan MPLS terdiri dari edge Label Switching Routers atau edge LSRs yang mengelilingi sebuah core Label Switching Routers (LSRs).

Edge Label Switching Routers (ELSR)

Edge Label Switching Routers ini terletak pada perbatasan jaringan MPLS, dan berfungsi untuk mengaplikasikan label ke dalam paket-paket yang masuk ke dalam jaringan MPLS. Sebuah MPLS Edge Router akan menganalisa header IP dan akan menentukan label yang tepat untuk dienkapsulasi ke dalam paket tersebut ketika sebuah paket IP masuk ke dalam jaringan MPLS. Ketika
paket yang berlabel meninggalkan jaringan MPLS, maka Edge Router yang lain akan menghilangkan label yang disebut Label Switches. Perangkat Label Switches ini berfungsi untuk menswitch paket-paket ataupun sel-sel yang telah dilabeli berdasarkan label tersebut. Label Switches ini juga mendukung Layer3 routing ataupun Layer 2 switching untuk ditambahkan dalam label switching. Operasi dalam label switches memiliki persamaan dengan teknik switching yang biasa dikerjakan dalam ATM.

Label Distribution Protocol


Label Distribution Protocol (LDP)merupakan suatu prosedur yang digunakan untukmenginformasikan ikatan label yang telah dibuatdari satu LSR ke LSR lainnya dalam satu jaringanMPLS. Dalam arsitektur jaringan MPLS, sebuahLSR yang merupakan tujuan atau hop selanjutnyaakan mengirimkan informasi tentang ikatan sebuahlabel ke LSR yang sebelumnya mengirimkan pesanuntuk mengikat label tersebut bagi rute paketnya.Teknik ini biasa disebut distribusi label downstream on demand.


Enkapsulasi packet di MPLS

Tidak seperti ATM yang memecah paket-paket IP, MPLS hanya melakukan enkapsulasi paket IP, dengan memasang header MPLS. Header MPLS terdiri atas 32 bit data, termasuk 20 bit label, 2 bit eksperimen, dan 1 bit identifikasi stack, serta 8 bit TTL. Label adalah bagian dari header, memiliki panjang yang bersifat tetap, dan merupakan satu-satunya tanda identifikasi paket. Label digunakan untuk proses forwarding, termasuk proses traffic engineering.

nanti di lanjut lagi ya.... monggo klo ada yang mau tambahin.
Category: Networking | Views: 1386 | Added by: Ardi | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
Name *:
Email *:
Code *:
  SHAREIT   Main   Registration   Login  
search

Entries archive

MY Link
Paid2YouTube.com
Adsense Indonesia
Review shareit.ucoz.net on alexa.com

ilkan

WIDGET

Site friends
  • M. Danu Wiyoto
  • Hacker Cisadane


  • Copyright MyCorp © 2024 Free web hostinguCoz