Welcome Guest | RSS

My Menu

Calendar
«  Mai 2010  »
SuMoTuWeThFrSa
      1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031

CATEGORY

Recent News

Iklan

Main » 2010 » Mai » 12 » Layer In OSI Model
22.18
Layer In OSI Model


Mo numpang share nich dari newbie  tentang OSI model,  kita mulai aja ya. OSI Terdiri dari 7 Lapis Layer yang terbagi menjadi 2 group yang mana 3 layer teratas mendefinisikan bagaimana apikasi-aplikasi berkomunikasi satu sama lain dan juga bagaimana aplikasi berkomunikasi dengan user Terus 4 layer dibawahnya mendefinisikan bagaimana data itu berpindah dari sau tempat ke tempat lain.

Seperti yang tadi saya omongin bahwa OSI model terdiri dari 7 Layer, berikut urutan dari urutan yang teratas :

Layer Application (Layer 7)

||

Layer Presentation (Layer 6)

||

Layer Session (Layer 5)

||

Layer Transport (Layer 4)

||

Layer Network (Layer 3)

||

Layer Data Link (Layer 2)

||

Layer Physical (Layer 1)

 

 

OK Lanjut definisi dari layer di atas.

 

1.       Layer  Application (Layer 7)

 

Layer  Application pada Model OSI merupakan tempat dimana user atau pengguna berinteraksi dengan komputer . Layer ini hanya berperan jika suatu aplikasi membutuhkan akses ke network.  Layer Application juga bertanggung jawab untuk mengidentifikasi dan memastikan keberadaan partner komunikasi yang di tuju dan juga menentukan apakah sumber daya komunikasi yang di tuju cukup tersedia. Contoh Protokol-protokol yang berjalan di layer Application : FTP, DNS, DHCP,HTTP,POP,SMB, dll.

 

2.       Layer Presentation (Layer 6)

 

Pada Layer presentation ini berfungsi untuk menyajikan data ke Layer Application dan juga bertanggung jawab pada translate data dan format kode(Program). Layer Presentation pada dasarnya adalah penerjemah dan melakukan fungsi pengkodean dan konversi.

 

Layer Presentasi memastikan agar data yang berasal dari layer Application di satu komputer dapat dibaca oleh layer Application di komputer lain.  Tugas – tugas yang berhubungan dengan layer Presentasi adalah sebagai berikut Kompresi, dekompresi, enkripsi, dan dekripsi data. Contoh protocol yang berjalan di Layer Presentasi : SMTP, SNMP, Telnet, TFTP,dll

 

3.       Layer Session (Layer 5)

 

Layer Session bertanggung jawab untuk membentuk, menelola dan kemudian memutuskan session-session antar layer-layer Presentation. Layer Session melakukan koordinasi komunikasi antar system dan mengkoordinasikan komunikasinya dengan menawarkan tiga mode  : simplex, half-duplex dan full duplex. Intinya Layer Session ada dasarnya menjaga terpisahnya data dari aplikasi yang satu dengan data dari aplikasi yang lain. Berikut contoh protocol yang berjalan di Layer Session : NetBIOS, RPC, Socket,dll.

 

4.       Layer Transport (layer 4)

 

Layer Transport Melakukan Segmentasi dan menyatukan kembali data yang tersegmentasi tadi menjadi sebuah arus data. Layer Transport bertanggung jawab untuk menyediakan mekanisme untuk multiplexing (teknik untuk mengirim atau menerima data yang berbeda sekaligus pada saat bersamaan melalui satu media network saja).

 

Layer Transport dapat besifat Connection Oriented (TCP)  atau Connectionless (UDP).

 

Connection Oriented

Metode transfer data yang membuat sebuah rangkaian virtual sebelum transfer data. Menggunakan Acknowledgment dan flow control untuk transfer data yang dapat diandalkan.

 

Connectionless

Metode transfer data yang terjadi tanpa menciptakan sebuah rangkaian virtual memiliki overhead yang rendah menggunakan pengiriman best-effort (usaha terbaik) dan tidak dapat diandalkan.

 

5.       Layer Network (Layer 3)

 

Layer Network bertugas mengelola pengalamatan peralatan, melacak lokasi peralatan di jaringan, dan menentukan cara terbaik untuk memindahkan data. Ada 2 jenis data yang di gunakan di Layer Network :

 

Paket Data

Digunakan untuk mengangkatdata pengguna melewati network. Protokol yang digunakan untuk mendukung lalu lintas data disebut Routed Protokol contonya adalah IP dan IPX

 

Packet Update Rute

Digunakan untuk melakukan update ke Router terdekat tentang network-network yang terhubung ke semua router di network. Protok yang mengirim paket update rute di sebut Routing Protocol contohnya adalah RIP, EIGRP dan OSPF. Paket update rute digunakan untuk membantu membuat dan mempertahankan routing table pada tiap Router.

 

Protokol yang berjalan di layar Network ; IP, RIP, ARP, RARP, dll

 

 

6.       Layer Data Link ( Layer 2)

 

Layer Data Link betugas menyediakan transmisi fisikdari data dan menangani notifikasi error, Topologi jaringan, dan Flow control, berarti Layer Data Link memastikan bahwa pesan-pesan akan terkirim melalui alat yang sesuai di LAN menggunakan alamat MAC address dan menerjemahkan pesan-pesan dari Layer Network menjadi bit-bit untuk dipindahakan ke layer Physical.

Layer Data Link memiliki 2 buah sublayer :

 

Media Access Control (MAC) : Mendefinisikan bagaimana paket ditempatkan di media, ketentuan di sublayer MAC adalah fisrt in/first out dan pegalamatan fisik di definisikan di sini.

 

Logical Link Control (LLC) : Bertanggung jab mengidentifikasi protocol-protokol layer Network dan kemudian melakukan encapsulasi terhadapnya. Header LLC memberitahukan ke Layar Data Link tentang apa yang perlu dilakukan terhadap paket begitu frame di terima.

 

Protokol yang berjalan di layar Data Link ; PPP, SLIP dll

 

7.       Layer Physical (Layer 1)

 

Layer Physical melakukan dua hal ; mengirim bit dan menerima bit. Bit hanya mempunyai dua nilai 1 dan 0 saja. Layer Physical berkomunikasi langsung dengan berbagai jenis media komunikasi yang sesungguhnya.  Layer Physical juga mengidentifikasi interface antara DTE (Data Terminal Equipment) dengan DCE (Data Communication Equipment). Di perusahaan telepon lama masih menyebut DCE deangan Circuit terminating. DCE biasanya berada di sisi profider dan DTE biasanya berada di sisi client. Layanan yang tersedia di DTE paling sering di akses memlalui sebuah Modem atau CSU/DSU.

 


Category: Networking | Views: 1802 | Added by: Ardi | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
Name *:
Email *:
Code *:
  SHAREIT   Main   Registration   Login  
search

Entries archive

MY Link
Paid2YouTube.com
Adsense Indonesia
Review shareit.ucoz.net on alexa.com

ilkan

WIDGET

Site friends
  • M. Danu Wiyoto
  • Hacker Cisadane


  • Copyright MyCorp © 2017 Free web hostinguCoz